7 Tips untuk Mencegah Kanker Payudara


Kanker Payudara adalah satud ari sekian banyak penyakit kanker yang banyak ditakuti oleh kaum hawa atau perempuan. Apalagi beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli menyebutkan bahwa adanya peningkatan korban, dan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah korbanya wanita diusia muda. Tentu saja hal ini akan berdampak pada fisik dan mental wanita yang masih dalam usia berkembang.

Para ahli menyebutkan bahwa wanita muda yang terkena kanker adalah mereka yang memiliki kebiasaan hidup seperti kurang tidur, gaya hidup tidak sehat, tekanan dari masyarakat dan pekerjaan. Tapi anda yang masih muda jangan panik, berikut ada beberapa cara mencegah kanker payudara dalam kehidupan sehari – hari.

Olahraga secara teratur

Memiliki jadwal rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan baik untuk program diet, namun baik juga untuk meminimalisir terjadinya kanker payudara. Hal ini dibuktikan oleh US Nation Cancer yang mengatakan bahwa olahraga mampu menurunkan 60% resiko kankerpayudara pada wanita sebelum atau setelah menopause. Tidak hanya penelitian dari  Amerika, tetapi penelitian yang dilakukan oleh para ahli Kanker di Norwegia juga mengatakan bahwa dari 25.624 wanita yang memiliki kebiasaan berolahraga 
setidaknya 4 jam dalam seminggu mampu mengurangi sebanyak 37% resiko kanker payudara.

Mengontrol berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal tidak hanya berdampak pada kecantikan fisik namun juga mampu mencegah terjadinya kanker payudara sejak dini. Sebuah penelitian dari Harvard University menyebutkan, perempuan yang mengalami kenaikkan berat bada dengan cepat akan lebih beresiko terkana, dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal dalam waktu yang cukup lama.

Jangan minum alkohol

Minum alkohol tidak hanya dapat merusak tubuh dan pikiran, namun minuman yang dapat memabukkan ini mampu meningkatkan resiko kanker payudara. Bayangkan saja satu gelas anggur bisa meningkatkan 11% resiko kanker, minum dua kali dalam sehari meningkatkan 24%, dan minum lebih dari dua kali akan meningkatkan 40%. So, bagi anda kaum hawa masihkan menyukai alkohol sebagai minuman?yuk mulai tinggalkan alkohol dan diganti dengan minuman sehat lainnya, seperti jus dan lain sebagainya.

MengKonsumsi vitamin D

Apakah anda menyukai olahraga di pagi Hari yang sangat kaya akan Vitamin D?jika ya anda sudah melakukan hal benar untuk meminimalisir salah satu penyakit kanker berbahaya untuk wanita. Ya karena penelitian terbaru menunjukan bahwa, vitamin D mampu mencegah atau meminimalisir terjadinya kanker payudara.

Banyak terkena sinar matahari

Masih terkait dengan cara ke-empat yaitu Vitamin D, untuk mengurangi dan mencegah terjadinya tumor ganas pada payudara sebaiknya anda memiliki kebiasaan berjemur di sinar matahari. Karena para Ahli dari Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang berjemur 10 hingga 15 menit sudah cukup untuk menambah sistem kekebalan tubuh dari serangan tumor berbahaya. Tapi jangan terlalu lama, karena para ahli juga menyebutkan, jika terlalu berlebihan maka dapat meningkatkan resiko kanker kulit, jadi jangan berlebihan ya.

Kehidupan Intim

Dalam Melakukan hubungan intim sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal, seperti alat kontrasepsi yang sesuai dan jauhi melakukan aborsi. Karena data statistic menunjukan bahwa 40% wanita yang melakukan aborsi akan lebih rentan terkena sejumlah penyakit dan salah satunya adalah kanker payudara dan kanker Rahim

Pemilihan Bra

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih bra dengan tepat yaitu pilihlah bra dengan bahan katu.  Bra yang memiliki pola renda dan bahan dasar nilon akan menyebabkan payudara mudah mengalami alargi dan yang berbahaya adalah benag kecil bisa masuk ke dalam puting yang menyebabkan mastitis. Selain jangan memilih bra yang terlalu ketat karena kan menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke payudara dan membuat rasa nyeri akibat tertekan. Dengan begitu akan menimbulkan penyakit pada payudara kesayangan anda.


Demkian tips sederhana untukmencegah kanker payudara, semoga anda bisa meminimalisir penyakit ini sejak dini. Dan untuk jelasnya mengenai kanker payudara anda dapat membacanya disini.

0 Response to "7 Tips untuk Mencegah Kanker Payudara"

Post a Comment