Kanker Payudara : Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya

Kanker Payudara


Kanker payudara adalah salah satu penyakit kanker yang paling ditakuti oleh setiap wanita. Hal ini sangat wajar karena tidak hanya wanita usia antar 40 -40 tahun saja yang beresiko namun saat ini wanita usia muda juga sangat rentan dengan kanker satu ini. Padahal sebelumnya penyakit ini akan mudah terjangkiti ketika setalah usia menopause.

Gejala awal kanker payudara

Dan kasus yang sering terjadi adalah banyak penderita kanker payudara yang terdiagnosa, kankernya sudah masuk stadium lanjut, hal ini disebabkan karena kebanyakkan wanita tidak mengetahui atau menghiraukan gejala awal kanker payudara. Untuk membuat anda lebih waspada lagi, berikut beberapa peneliti akan menjelaskan lebih detail gejala awal kanker payudara untuk anda. 
 
1. Payudara Terasa Nyeri. Awal mula terjadinya kanker, tidak ditemukan bejolan yang jelas namun sering merasakan rasa nyeri pada payudara, tidak hanya nyeri namun juga disertai rasa sakit yang menusuk, bengkak, dan lainnya. maka jika anda menemukan gejala di atas maka segeralah periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan pertama.

2. Bentuk payudara Asimetris. Karena adanya tumor atau lekatnya tumor pada dinging dada, maka bentuk payudara akan berubah menjadi tidak seimbang atau simetris lagi.

3. Galaktorea. Adanya cairan yang berwarna putih, warna darah, berair, kuning pucat dan nanah yang keluar dari  putting susu.

4. Pembengkakan Getah Bening. Pada awalnya tidak terjadi adanya pembengkanan pada getah bening, karena letaknya pada bagian ketiak. Tap lama kelamaan akan Nampak.

5. Perubahan pada puting susu. Katika tumor sudah mulai hidup maka akan terjadi perubahan pada bagian bawah daerah puting atau arola, sehingga menyebablan putting menjadi bergeser dari ke satu sisi, retraksi atau depresi.

6. Benjolan payudara. Ketika sudah mulai menyebar maka aka nada benjolan keras yang namun bisa bergerak dan tidak menimbulkan rasa sakit atau neyri.

7. Perubahan Pada Bagian Kulit. Kulit payudara akan terasa kasar dan akan berupa seperti kulit jeruk, hal itu disebabkan karena adanya pori – pori depresi yang lepas. Sehingga permukaan kulit akan menjadi kasar dan tidak rata seperti kulit jeruk.

Penyebab Kanker Payudara

Setelah mengetahui gejala awal dari kanker payudara, lalu apa penyebabnya?berikut ini ada beberapa penyebab yang harus anda ketahui agar meminimalisir terjadinya kanker yang berbahaya ini.

Faktor usia. Wanita yang telah berusia 60 tahun  atau diatasny akan lebih rentan dan berisiko terkena penyakit kanker ini, namun wanita yang usia muda juga tetap harus waspada.

Riwayat keluarga. Keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker payudara akan lebih beresiko daripada mereka yang keluarganya tidak memiliki riwat penyakit tumor ini.

Pemakaian Pil KB. Untuk anda yang menggunakan pil KB sebaiknya jangan berkebihan karena Pil KB merupakan salah satu faktor yang menyebabkan anda lebih beresiko terkena kanker.

Alkohol. Jauhi mengkonsumsi alkohol, karena tidak baik untuk kesehatan juga akan membuat anda menjadil lebih beresiko terkena kanker payudara yang mematikan.

Cara  Pencegahannya

Beberapa Pakar dari bidang diet dan kanker menumkan cara terbaik untuk mencegah kanker kanker payudara adalah dengan memiliki pola hidup yang sehat dan tidak selalu melakukan pemeriksaan secara dini sesuai dengan gejala awal di atas.

Ini akan sangat berguna karena akan memberikan pertolongan pertama yang tepat dan mencegah terjadinya penyebaran tumor yang membuat anda terancam kehilangan payudara anda.


Demikian beberapa ulasan mengenaiKanker payurda, Gejala awal, penyebabnya, dan pencegahnnya semoga anda bisa terbantu dengan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kanker Payudara : Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya"

Post a Comment